proposal pengembangan bisnis

09.58 Edit This 0 Comments »

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Seiring waktu berjalan kebutuhan manusia akan bertambah pula. Kebutuhan konsumen akan produk-produk minuman atau atau produk jenis pangan yang menyegarkan seperti aneka buah-buahan. Hal ini menyebabkan banyaknya usaha-usaha warung jus buah berdiri. Oleh karena itu, pemilik usaha mempunyai keinginan untuk membuat gagasan pengembangan usaha agar cafe yang dimiliki tetap ramai dikunjungi oleh konsumen.

Keinginan untuk mengembangkan usaha yang telah ada untuk menghasilkan progres yang bagus, membuat pemilik usaha untuk melahirkan ide-ide kreatifnya. Dimaksudkan agar usaha yang dijalankan bisa lebih berkembang lagi. Atas dasar keinginan untuk mengembangkan usaha yang tidak terlalu merubah ciri khas dari usaha awal. Yaitu usaha cafe kecil-kecilan yang bebasis buah-buahan, seperti jus buah. Dengan ide mengembangkan usaha ini diharapakan mampu meningkatkan pendapatan usaha. Dengan menambah beberapa produk. Selain itu mampu memberi keuntungan bagi konsumen. Dimana konsumen akan mudah untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan mereka yang berkaitan dengan produk-produk yang ditawarkan. Jadi dengan mendirikan usaha ini diharapkan akan memperoleh keuntungan untuk semua, baik pengusahanya ataupun konsumen.

1.2 Ruang Lingkup

Proyek pengembangan ini dilaksanakan di cafe “Mhaknyuzh”. Lokasinya berada di pinggir jalan raya dan di dekat sekolah-sekolah di mana terdapat banyak anak sekolahan dan masyarakat sekitar yang juga tertarik akan usaha ini. Tepatnya cafe ini berada di desa Wringinrejo Sooko Mojokerto.

1.3 Gambaran Perkembangan Perusahaan

Dari pemilihan, perncanaan sampai Pendirian usaha ini telah mempertimbangkan segala aspek. Jadi diharapkan usaha ini dapat berkembang dengan baik. Bisa dilihat dari kegemaran masyarakat,baik yang tua, muda, belum beristri ataupu yang sudah beristri. Mereka semua rata-rata menyukai untuk membeli aneka jus buah. Belum lagi dengan ditambahkanya beberapa produk lagi seperti Soup buah dan Salad buah. Serta dengan membuat desain cafe senyaman dan sebagus mungkin. Dengan hal itu akan dapat menarik perhatian pengunjung atau konsumen. Dan berbagai makanan ringan yang disiapkan berbeda dengan cafe aneka buah yang lain. Jadi usaha ini diyakini akan tetap memperoleh hasil yang cukup memuaskan. Dengan seperti itu akan meyakinkan kita bahwa perkembangan usaha ini di kemudian hari akan cukup membuat iri para pesaing.

Dan pada perkembangannya, usaha ini benar-benar telah membuktikan bahwa pemilik telah memilih usaha yang tepat. Karena dari hasil prosos jual beli yang telah berjalan. Medapatkan keuntungan yang dapat meningkatka pendapatan pemilik usaha. Pada awalnya pemilik usaha ikut campur atau ikut turun untuk melayani pengunjung. Dan sekarang, tanpa ikut turun, hal ini sudah tercukupi dengan betambahnya pegawai cafe.

BAB II

PROFIL PERUSAHAAN

2.1. Gambaran Umum Perusahaan

Perusahaan atau bidang usaha ini adalah sebuah cafe jus buah atau bisa disebut dengan cafe yang diberi nama Mhaknyuzh. Usaha ini dapat dibilang usaha kecil-kecilan. Karena dimodali dengan dana yang tidak terlalu besar dibanding usaha lain dan tidak teralu menunjukan tempat usaha yang kecil. Usaha ini dapat dikatakan usaha perorangan karena dimodali oleh satu orang.

2.2. Aspek Teknis Produksi

Proses produksi diawali dari pembelian beberapa bahan pokok sperti blender, buah, gula, es, dan segala macam makanan ringan. Dalam proses jual beli ini produk yang disediakan berupa minuman dan makanan ringan. Hal ini akan melalui proses pemesanan terlebih dahulu dan diatar ke meja pengunjung. Selain itu seperti makanan ringan bisa langsung disediakan di meja, agar para pengunjung bisa langsung memilih dan mengonsumsi makanan tersebut tanpa memesan terlebih dahulu.

Diantara produk yang ditawarkan yaitu minuman dan makanan ringan.minuman :

· Aneka jus buah

· Soft drink

Makanan ringan:

· Kerupuk

· Snack

· Kue

2.3. Aspek Pemasaran

Keadaan pasar bernilai positif dimana masyarakat di sekitar mempunyai tingkat konsumtif yang bagus dengan produk jus buah. Dikarenakan jus buah merupakan salah satu produk penghilang dahaga. Selain itu karena lokasi cafe yang di pinggir jalan raya mudah dijangkau oleh masyarakat. Baik masyarakat sekitar atau masyarakat penikmat jalan raya.

Sedangkan Dalam melakukan Promosi dapat ditempuh dengan berbagai cara promosi langsung ke konsumen, dimana konsumen diharapkan untuk tertarik mencoba berkunjung, dengan harapan mereka akan selalu ingat akan rasa kenyamanan dan kenikmatan produk cafe tersebut dan diharapkan dapat menjadi media untuk mempromosikan kepada orang lain.

2.4. Aspek Manajemen

Bisnis ini di modali oleh perorangan, dan pemilik tidak menunjuk seseroang untuk mengatur kegiatan cafe, melainkan dirinya sendiri yang berperan sebagai pengatur atau bisa disebut sebagai manajernya. Dia yang bertugas untuk menentukan setiap kebijakan yang ada. Tapi dia dibantu oleh istri dan anaknya.

2.5. Aspek Keuangan

Sumber dana atau modal usaha ini berasal dari perorangan yaitu pengusah pemilik cafe ini. Setiap pengusaha akan mempunyai prinsip dengan modal seminim mungkin untuk medapatkan untung sebanyak mungkin. Tetapi prinsip itu tidak akan tercapai jika komponen lain tidak diprhatikan dengan seksama. Seperti rasa kenyamanan pengunjung. Bisa dari produk yang ditawarkan, pelayanan, atau harga.

Pengelolahan dana dibagi dari pengeluaran dan pemasukan. Pemasukan diantaranya dari modal awal atau keuntungan dari proses sebelumnya. Semuanya akan diputar kembali untuk pengeluaran yang akan di poskan untuk penyediaan bahan-bahan produk dan pengeluaran oprasional.

2.6. Positif dan Negatif

Usaha ini memiliki lahan yang sangat strategis, karena berada di pinggir jalan raya serta berdekatan dengan lingkungan sekolah. Jadi, usaha ini dapat dikonsumsi oleh masyarakat sekitar atau masyarakat penikmat jalan raya. Dan jus buah merupakan salah satu produk penghilang dahaga.

Namun, cafe ini belum banyak memiliki bergagai macam menu, sehingga konsumen hanya bisa memilih jus buah apa yang ingin dinikmatinya. Selain itu kerena kurangnya tenaga kerja terkadang pembeli sampai harus mengantri terlebih dahulu, sehingga menimbulkan pelayanan yang kurang baik.

BAB III

USULAN USAHA BARU

3.1. Usaha yang Diusulkan

Untuk mengembangkan usaha ini, diperlukan desain ulang tempat duduk konsumen dan menambah aneka macam produk yang ditawarkan. Dengan menambah beberapa menu baru yang diyakini akan menambah ketertarikan konsumen lama dan mendatangkan konsumen baru. Usulan dengan dirubahnya situasi cafe diharapkan menumbuhkan kenyamanan dan ketertarikan para konsumen yang berkunjung

Dengan Pengembangan usaha ini, maka modal juga akan membengkak. jika pemilik tunggal perusahaan sanggup membiayai proyek pengembangan usaha maka usaha ini tetap menjadi usaha perorangan. Tapi jika tidak. Maka hal ini bisa menarik patner atau teman kerja, khususnya dalam bidang modal atau investasi. Maka usaha ini akan berubah menjadi usaha bersama atau bagi modal.

Produk pada dasarnya sama. Tetapi dalam pengembangannya ini. Pengemasan produk dan pelayanan untuk konsumen yang berbeda. Atau dengan ditambah menu –menu spesial.

3.2. Aspek Teknis

a. Sifat Usaha

Proyek usaha yang disulkan bertujuan untuk mengembangkan cafe. Dalam rangka meningkatkan pendapatan pada saat krisis ekonomi yang berkepanjangan seperti saat ini diperlukan usaha-usaha yang bersifat Agresif, Kreatif, Penuh perhitungan dan berorientasi pasar. Dengan demikian tujuan dari pengembangan Proyek itu sendiri ada dua yaitu dari Aspek Ekonomi dan dari Aspek Sosial,Aspek Ekonomi adalah untuk meningkatkan pendapatan sementara Aspek sosial adalah untuk membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya.

b. Jenis dan Jumlah Produk

Dalam proyek ini jenis produk tetap sama seperti sebelumnya, akan tetapi lebih ditekankan ke variasinya. Di tambah dengan menu-menu spesial. Dan disesuaikan dengan pelayanan yang dimodifikasi maka jumlah produk perlu di tambah untuk mengantisipasi bertambahnya konsumen. Hal ini juga perlu diadakan uji produk dan uji pemasaran.

Diantara menu-menu spesial yang akan ditambahkan yaitu :

Minuman.

· Soup Buah

· Salad Buah

· Pop Ice

· Marimas, Jasjus, Sisri, Nutrisari dan lain-lainnya.

Makanan.

· Jajanan Gorengan

c. Proses dan Kapasitas Produksi

Proses produksi harus disesuaikan dengan desain cafe yang sudah di seting. Harus bersih dan kemasannya lebih cantik dari sebelumnya. Dari sini konsumen akan bisa menilai. Hal ini juga akan berpengaruh pada harga yang akan di tentukan, kapasitas produksi akan disesuaikan dengan kebutuhan pasar. Agar tidak mengalami kelebihan produk. Hal ini harus benar-benar diperhatikan karena akan mempengaruhi keseimbangan antara produkdi dan konsumen.

0 komentar: