Laporan Pembuatan Paspor

09.35 Edit This 0 Comments »

Laporan Pembuatan Paspor

Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah

Kewirausahaan

Dosen pembimbing:

Achmad Room Fitrianto, SE, MEI, MA

Disusun Oleh :

FAHMI PUTRI AISYAH

NIM

C02210053

FAKULTAS SYARIAH

JURUSAN MUAMALAH

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL

SURABAYA

2011

LAPORAN PEMBUATAN PASPOR

Untuk membuat paspor membutuhkan dana yang tidak sedikit. Dana untuk pembuatan paspor saya menggunakan uang pribadi hasil dari kerja sama dengan kakak, yaitu berdagang berbagai fashion produk-produk dari Bandung. Perdagangan tersebut melalui catalog dan via online. Di dalam bisnis ini saya berperan sebagai patner pemasaran. Mulai dari penyebaran catalog produk sampai dengan melayani pemesanan produk. Untuk satu item produk saya mendapat keuntungan 10% dari harga item tersebut. Saya melakukan bisnis ini sejak bulan april tahun 2011. Dalam bisnis ini saya dan kakak saya bekerja sama dengan beberapa merk produk fashion seperti G-shop, B-one, Catenzo, Garsel shoes dan fashion, Mugtiva, Grutti, Garuci shoes dan bag, BSM soga, Ciber six dan lain-lainnya.

Kedatangan pertama saya di kantor imigrasi beserta teman-teman untuk pengambilan map dan formulir pembuatan paspor. kemudian hari kedua saya kembali ke kantor imigrasi dengan membawa berkas-berkas dan formulir yang telah diisi. Namun saya tidak memperoleh antrian A, jadi saya memutuskan untuk membuat paspor melalui internet di www.imigrasi.go.id sekalian untuk mengirim berkasnya, jadi sebelum mendaftar di intrnet terlebih dahulu saya mencopy barkas-berkasnya melalui mesin scan. Setelah selesai mendaftar dan mendapat bukti pra permohonan keesokan harinya saya kembali ke kentor imigrasi langsung menuju loket 2 (khusus via internet) untuk menyerahkan berkas, fomulir dan bukti pra permohonan. Kemudian petugas mempersilahkan saya untuk duduk di depan loket 5 menunggu antrian untuk pembayaran, sidik jari, wawancara dan foto. Setelah saya melakukan pembayaran saya langsung masuk di ruang biomatrik untuk melakukan sidik jari dan foto, selanjutnya diteruskan dengan wawancara. Setelah tiga hari kemudian saya kembali ke kantor imigrasi dan mengambil paspor saya yang telah jadi. Alhamdulillah saya telah memiliki paspor.

Saya mengumpulkan berkas-berkas ketika liburan kuliah, kendala pertamanya kartu keluarga saya hilang sehingga membuat kartu keluarga lagi, setelah itu saya cek kembali semua berkas-berkas yang dibutuhkan dan ternyata saya menemukan kendala yang kedua yaitu NIK di KTP dan di KSK berbeda kemudian saya membuat KTP lagi. Dan untuk mengurus pembuatan KTP ini saya sering bolak-balik pulang ke rumah.

Dalam mengerjakan paspor jelas membutuhkan waktu yang tidak singkat karena banyak kendala yang bermunculan. Sehingga saya sulit untuk membagi waktu antara mngerjakan tugas, kuliah, membuat paspor dan istirahat. Kedatangan pertama ke kantor imigrasi saya menggunakan waktu luang ketika jam kuliah kewirausahaan kosong, kemudian kedatangan kedua saya ke kantor imigrasi di luang waktu antar jam kuliah, karena saya tidak mendapat antrian jadi saya mendaftar di internet sepulang kuliah. Hari ketiganya saya datang ke kantor imigrasi sebelum ada jam kuliah. Dan untuk pengambilannya ketika kuliah libur.

HASIL PEMBUATAN PASPOR

0 komentar: